GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

LSM Gerpak Soroti Kinerja Kejari Wajo " Penanganan Korupsi Terkesan Lambat, Desak Kejati Evaluasi Setiap Kejari



WAJO - Sejumlah elemen masyarakat di sinjai ‘menantang’ pihak Kejaksaan Negeri Wajo, dalam hal ini tim Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) untuk berani mengungkap berbagai dugaan kasus korupsi yang terjadi di wilayah kerjanya. Sebab terkesan, hingga kini pengusutannya masih jalan di tempat.

Andi Rudi Fathir yang juga Plt. Gerpak Wajo, mengatakan, Bahwa Sejumlah kasus korupsi yang ditangani pihak kejaksaan negeri wajo dinilai hanya jalan ditempat. Pihak Kejari yang berjanji akan menuntaskan kasus-kasus korupsi saat ini belum terealisasi hanyalah isapan jempol semata. “Kami melihat perkembangan pengusutan-pengusutan kasus dugaan korupsi sangat lamban. Termasuk jumlahnya kasusnya masih sangat minim. ” ujar Andi Rudi

Mestinya, kata dia, pihak Kejaksaan Negeri Wajo bisa menjemput bola, bukan hanya menunggu masukan dan laporan-laporan dari masyarakat dalam mengungkap berbagai kasus korupsi. Mulai dari lingkup pemerintah kabupaten, kecamatan hingga turun ke desa dan kelurahan. Apalagi yang menyangkut penggunaan APBD yang sumbernya dari hasil Pajak Masyarakat yang DiSetorkan melalui PAD yang Disahkan menjadi APBD yang jumlahnya tidaklah kecil. Tapi, seringkali justru luput dari pemeriksaan dan penanganan kepolisian,” papar Andi Rudi

Kami sangat mengharapkan agar kiranya kejaksaan negeri wajo dapat bekerja secara professional, dalam hal pemberantasan korupsi apalagi negara sudah menganggarkan biaya dalam menaganin perkara masing-masing intansi penegak hukum. “Kami berharap banyak kepada kejaksaan Tinggi kiranya dapat mengevaluasi Kejari-kejari yang nilai rapornya sangat rendah dalam mengungkap kasus korupsi yang ada agar kasus-kasus dugaan korupsi yang terjadi di Pemkab wajo harus dibongkar. Bahkan para tersangka yang sudah ditetapkan langsung dijebloskan ke sel tahanan Tipikor ,” tukas Andi Rudi .

Ditambahkannya, warga pastinya sangat menunggu gebrakan dari Kejari Wajo untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap kinerja kejaksaan dalam pemberantasan korupsi. “Ada banyak kasus dugaan korupsi yang terjadi di Pemkab Wajo. "Kejaksaan harus menetapkan tersangka serta melakukan penahanan secepatnya. Sebab, bila tidak akan timbul kecurigaan pada masyarakat," ungkap Andi Rudi.

Type above and press Enter to search.