GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Pulihkan Ekonomi, Pemdes Bonde Bantu Warga Bibit Pisang

Majene,Jelajahpos.Com - Pemerintah (Pemdes) Desa Bonde Kecamatan Pamboang

memberikan batuan bibit pisang kepada warga untuk pemulihan ekonomi pasca pandemic covic 19.Program ini di peruntukan kepada petani.



Kepala Desa Bonde Awaluddin.SE memberikan batuan bibit pisang, dalam  kegiatan Gerakan Menanam Pisang untuk Ketahanan Pangan Keluarga yang di inisiasi oleh Pemerintah Desa Bonde bersama Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan 

Pamboang,Jum'at lalu (2/11/2022).


Penyerahan bibit pisang kepot di pelataran Kantor Desa Dusun luaor,di hadir penyuluh kecamatan serta warga setempat. Di mana ada 2000 pohon bibit pisang di berikan Kepada Warga bersama dengan racun rumput.Pisang nantinya akan di tanam di lahan milik  warga. 


“Menurutnya Kegiatan pemberian bibit pisang ini juga sejalan dengan program pemerintah yakni Gerakan Ketahanan Pangan oleh Kementerian Pertanian dan Pemkab Majene dalam penanganan dampak Covid-19 berupa pemulihan ekonomi, ketahanan dan kemandirian pangan serta mendukung Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan visi misi ,” Unggul,Mandiri dan Rwgilius( UMR) kata Kades,Awaluddin kepada 

Jelajahpos.Com usai kegiatan melalui pesan wshapp, Sabtu (3/11/2022).


Ia menjelaskan, langkah Pemerintah Desa Bonde memberikan kepada petani untuk melakukan penanaman pisang menjelang musim hujan sangat bagus. Pasalnya, tanam pisang sangat cocok di lahan warga. Apalagi pisang juga merupakan komoditi andalan warga yang sudah dibawa ke Pulau Kalimantan.


“Maka itu saya sebagai kepala Desa mendorong warga di musim hujan terus menanam tanaman yang bisa meningkatkan ekonomi warga,” papar Kades Bonde Awal.


"Selani itu,dalam rangka pengembangan produksi pisang sebagai salah satu komoditas unggulan sekaligus menjaga ketahanan pangan.Alasannya, mayoritas warga bekerja sebagai petani. Selain itu, cara tanam bibit pisang kepot juga mudah, bahkan bisa ditanam di sekitar pekarangan rumah.


Di katakan pula,warga pemerimah bibit pisang akan mendapatkan penyuluhan dan sosialisasi kepada para penerima tentang tata cara menanam bercocok tanam bibit pisang dengan baik & benar guna mendapatkan hasil yg maksimal.


Dia berharap,kepada penerimah bibit pisang,meningkatkan konsumsi buah dan terpenuhinya

gizi sehingga dapat mengurangi potensi stunting, hasil panen pisang  dapat juga buat kirim pisang sebagai paparan lainya.

(wh)

Type above and press Enter to search.