GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Desa Lombong Timur Bangun Green House Penuhi Tanaman Sayuran


Majene, Jelajapos.Com- Pemerintah Desa (Pemdes) Lombong Timur Kecamatan Malunda Kabupaten Majene Sulawesi Barat, terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong terutama disekitar lingkungan rumah. Hal itu pula faktor berdirinya Green House (rumah hijau) dari Dana Desa (DD) tahap 2 (dua) dari 20 % ,- Guna menciptakan ketahanan pangan keluarga,Rabu (14/09/2022).



Kepala Desa Lombong Timur Bahtiar mengatakan, Pemdes Lombong Timur melalui perangkatnya selalu giat mendorong masyarakat setempat untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah agar dapat terciptanya kemandirian dan ketahanan pangan keluarga,juga mendorong Pemdes Lombong Timur untuk membangun Green House di empat Dusun diDesanya, yang akan digunakan sebagai sarana belajar dan percontohan bagi masyarakat setempat dalam melakukan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.


Menurutnya,Pokja 3 Tim Penggerak PKK akan digerakkan untuk merawat dan mengembangkan 

greenhouse tanaman sayuran tersebut.


“Dari Pemdes akan berkelanjutan untuk mengembangkan dan merawat greenhouse ini. Sejak awal memamg kami merencanakan supaya ada greenhouse,” katanya




"Selain itu,Kami juga telah melakukan sosialisasi kepada kelompok perempuan untuk usaha pemanfaatan lahan pekarangan rumah karena merupakan program unggulan. Dengan adanya Green House ini, nantinya masyarakat akan diberikan pelatihan dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat dalam melakukan pemanfaatan pekarangan rumah,” kata Bahtiar kepada www.jelajahpos.com,rabu (14/09/22).


"pemanfaatan lahan pekarangan rumah merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan dalam rumah tangga. Pemanfaatan lahan pekarangan rumah, akan dapat mengurangi pengeluaran belanja bulanan sehingga dalam mencukupi kebutuhan pangan keluarga, tidak terlalu menjadi beban masyarakat.

apa lagi tanaman sayuran seperti bayang, kangkung,tomat, cabe,kacang panjang,bontek,pare,


Di katakan pula,Pihaknya juga ingin mengenalkan tanaman obat-obatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat juga menanamnya di lingkungan rumah.

Diketahui, ada beberapa tanaman obat-obatan seperti serai, binahong, temulawak, patah tulang, jinten, corn mint, lavender, chocolate mint, dan lainnya.


Pihaknya juga ingin mengenalkan tanaman obat-obatan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat juga menanamnya di lingkungan rumah.


Program ini juga untuk memenuhi pola pangan harapan masyarakat dalam rangka mengkomsumsi makanan yang bervitamin. Dimana, dalam melakukan pengelolaan lahan pekarangan rumah dilakukan dengan menanam berbagai aneka jenis sayuran juga tanaman obat-obatan,” jelasnya.


Ia menambahkan, tujuan utama dari pembangunan Green House adalah untuk menciptakan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga. Dengan kondisi wilayah Desa Lombang Timur yang hampir seluruh warganya adalah  petani, maka Pemdes Lombong Timur menjalankan program kemandirian dan ketahanan pangan keluarga salah satunya melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah.


” Dengan adanya Green House ini, mudah-mudahan pembinaan pengelolaan kemandirian dan ketahanan pangan keluarga akan lebih maksimal. Agar tercipta keluarga yang mandiri dan sejahtera,” pungkasnya. (whd)

Type above and press Enter to search.