GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

DDP Menyuguhkan Data Lengkap dan Akurasinya



 Majene, JELAJAHPOS.COM | -Guna memudahkan pemetaan wilayah dan mengetahui potensi desa dan kelurahan tentu dibutuhkan data yang akurat, salah satunya melalui Data Desa Presisi (DDP).


“Sekaligus pemanfaatan untuk arah kebijakan pembangunan,” ungkap Gubernur Sulbar Akmal Malik pada Rapat Koordinasi (Rakor) DDP 2022 di ruang Pola Kantor Bupati Majene, Kamis (10/11/2022).



Akmal Malik menyarankan, baik Bupati dan Gubernur memiliki data yang sama dan tidak terdapat perbedaan agar desa dapat mengatasi masalah yang dihadapi berbasis data.



“Kita ingin menyatukan data yang sama, agar dapat melahirkan kebijakan yang tepat. Dengan data presisi juga akan didapatkan data yang akurat, dan dapat mengetahui potensi desa dan kelurahan,” paparnya.


Ia berharap, dukungan dari seluruh pihak, baik dari pemerintah desa, kelurahan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene dapat mempersiapkan DDP. “Daya ini memiliki tingkat akurasi dan ketepatan tinggi untuk memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya,” sebutnya.


Sementara, Wakil Bupati Majene Arismunandar Kalma menjelaskan, untuk program data desa dan kelurahan pada 2022 telah berjalan khususnya di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Tubo dan Sendana.


“Tentu kita berharap dengan adanya data desa dan kelurahan presisi, akan membuat program dan kegiatan yang disusun lebih efektif, efisien, tepat sasaran dan akuntabel menuju Majene yang unggul, mandiri dan religius. Semoga ke depan progresnya lebih meningkat lagi,” harapnya.


Dijelaskan, DDP menggunakan pendekatan Drone Participatory Mapping (DPM), sebuah pendekatan inlkusif yang menempatkan relasi antara manusia dan teknologi untuk pengumpulan data desa dan kelurahan presisi dengan mempertimbangkan dimensi spasial, teknologi digital dan partisipasi warga.


“DDP ini menyuguhkan data yang lengkap dan akurasinya terukur terkait informasi kependudukan, ekonomi, sosial dan pendidikan masyarakat,” pungkasnya.


Hadir dalam rakor Kepala Bappeda Sulbar, Kepala BPKAD Majene, Kepala PMD Majene, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se Kabupaten Majene.(whd)