GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Enam Bintara Remaja Kompak Cium Bumi di Mako Brimob Bone, Ini Maknanya



BONE —JELAJAHPOS.COM | Sebanyak enam personel bintara remaja dari Satuan Brimob Polda Sulsel ditempatkan ke Batalyon C Pelopor tiba di Mako Brimob Batalyon C Pelopor, Kabupaten Bone. 


6 personel Bintara Remaja yang bergabung di Batalyon C Pelopor berdasarkan Surat Perintah Dansat Brimob Polda Sulsel Nomor : Sprin/266/II/OTL.3.1./2023 tanggal 03 Februari 2023 tentang mutasi di jajaran Satbrimob Polda Sulsel.



Bintara Remaja lulusan SPN Batua ini sebelumnya telah melaksanakan latihan pembekalan kemampuan Brimob selama 4 bulan di Batalyon B Pelopor Parepare.


Mereka tiba di Kabupaten Bone, Minggu (5/3/2023) sore, namun diinapkan di Lapangan tembak Platon Shoting Club (PSHC), Kecamatan Palakka dengan berbivak. 


Sebelum mengikuti rangkaian acara tradisi, hari ini, Senin (6/3/2023), keenamnya Bintara Remaja berjalan kaki menuju Mako Batalyon C Pelopor.


Acara tradisi penerimaan yang dilaksanakan sesuai Peraturan Komandan Korbrimob Polri ( Perdankor) ini dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos,M.Si. Prosesi yang dijalani keenamnya yakni tradisi cium bumi sebagai simbol bahwa siap melaksanakan tugas di Batalyon C pelopor. Lalu, pengalungan bunga oleh Danyon C Pelopor kepada perwakilan bintara remaja sebagai simbol bahwa bintara remaja telah diterima sebagai keluarga besar Batalyon C Pelopor


Setelah itu dilanjutkan dengan penyiraman air bunga sebagai simbol  bahwa Batalyon C Pelopor dengan bangga dan semangat menerima bintara remaja di mako dan siap untuk melaksanakan tugas bersama-sama.


Hal tersebut diungkapkan oleh Danyon Brimob Bone, yang ditemui awak media usai kegiatan tradisi.


“Hari ini kami menerima enam bintara remaja yang baru saja menyelesaikan pelatihan kemampuan Brimob. Kedatangan enam personel baru ini kami sambut dengan acara tradisi penerimaan,” ucap Danyon bergelar Magister Sains ini.


Danyon C Pelopor juga menjelaskan jika tradisi penerimaan ini dilaksanakan sebagai bentuk orientasi lapangan bagi anggota baru.


"Setelah tradisi penerimaan dilanjutkan dengan upacara pembukaan latihan pembinaan tradisi bintara remaja," sebut Danyon Ichsan.


Lebih lanjut, kata Danyon Ichsan, latihan pembinaan tradisi bintara remaja bertujuan agar personel bisa mengenali lingkungan kerja baik itu mako maupun pejabat-pejabat di Batalyon.


"Kemudian tujuan lain latihan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang tugas-tugas yang akan dilaksanakan setelah masuk batalyon, memberikan / membekali kemampuan-kemampuan yang berkaitan dengan tugas-tugas ke depan dan melatih fisik dan mental sehingga dalam pelaksanaan tugas ke depan dapat terlaksana dengan baik," papar Danyon yang beken dengan istilah"Tindizzz" ini.


Latihan pembinaan tradisi ini akan digelar di Mako Brimob Bone, Tower Basarnas Bone, Pelabuhan Bajoe, daerah latihan Brimob di Kecamatan Palakka dan Barebbo dengan beberapa materi latihan yakni materi pengantar, materi pokok serta materi pendukung.