GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

PMI Soppeng Ikuti Jumbara PMR IX Provinsi Sul-Sel


JELAJAHPOS.COM Palang Merah Indonesia Kab. Soppeng mengikuti acara Pembukaan Jumbara PMR IX propinsi sulawesi selatan bertempat di Malino, Kab. Gowa, 

(Sabtu, 13/05/2023) 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua PMI Prov Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ikhsan YL dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada PMI Kab. Gowa yang telah membentuk SIBAT (siaga bencana berbasis masyarakat)

dengan kekuatan sekitar 5000 orang dari seluruh kecamatan yg ada di Gowa, mengingat kondisi cuaca sekarang cukup ekstrim dan rawan menimbulkan terjadinya bencana. 


Tak hanya itu, saya mengharapkan kepada seluruh kabupaten/kota melaksanakan kegiatan jumbara kabupaten untuk lebih mengembangkan PMR disekolah. 


"Serta saya juga menghimbau kepada seluruh kab/kota membentuk SIBAT dalam rangka pelibatan masyarakat dalam tanggap bencana" tambahnya. 


Pada kesempatan tersebut, mewakili Gubernur Sulawesi Selatan Andi Aslam Patonangi sebagai Pelaksana Tugas (Pj) Sekretaris Daerah menghimbau kepada seluruh anggota PMI agar lebih  berempati terhadap korban bencana, serta diharapkan agar selalu siap dalam menghadapi bencana dengan memanfaatkan seluruh potensi siaga bencana termasuk PMR dan SIBAT. 


Sementara itu, Ketua PMI Kab. Soppeng, Drs. H. Andi Tenri Sessu, M. Si yang juga selaku Sekretaris Daerah Kab. Soppeng menjelaskan bahwa dirinya berserta seluruh pengurus dan semua anggota PMI Kab. Soppeng siap untuk menindaklanjuti arahan dari Ketua PMI Prov. Sulawesi Selatan untuk pelaksanaan Jumbara Kabupaten dan Pembentukan SIBAT. 


Kegiatan jumbara ini dilaksanakan selama beberapa hari mulai tanggal 13-18 Mei 2023. Selain itu juga dilakukan pengukuhan SIBAT se Kab Gowa. 


Adapun para Peserta jumbara ini yaitu para PMR Mula, Madya dan Wira seluruh kab/kota se-sulsel. Sedangkan untuk Kab. Soppeng sendiri diikuti oleh 51 peserta yang terdiri dari PMR Mula (10 orang), PMR Madya ( 10 Orang), PMR Wira (11 orang), Pendamping untuk PMR Mula, Madya, dan Wira masing-masing 2 orang, Fasilitator (2 orang), dan tim Peninjau (10 orang).  


Acara turut dihadiri Forkopimda Prov sulsel, Panglima Divisi Kostrad, Bupati/Walikota, Ketua PMI Se-Sulsel, Para pengurus PMI prov dan kab/kota