GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

APH dan APIP Diminta Awasi Realisasi Dana Bos Tahap I Tahun 2024 Tingkat SD dan Dana PAUD


JELAJAHPOS.COM | Gayo Lues|-Dilansir dari situs Portal Data SIKD  kementerian keuangan tahun 2024 bahwa realisasi anggaran Untuk Dinas pendidikan Gayo Lues telah direalisasikan dengan pagu untuk bantuan operasional sekolah sebesar 17,21 Milyar dengan realisasi anggaran 8,28 Milyar , sementara dana untuk bantuan operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 1,68 Milyar dengan realisasi 0,80 Millyar atau 47,87 persen,Dana Tunjangan Profesi Guru ASN Daerah sebesar 17 Milyar rupiah dengan realisasi 5,28 Milyar atau 30 persen.


Menyikapi realisasi anggaran tersebut,Aktivis LIRA Gayo Lues M Purba,SH , meminta  APH dan inspektorat Kabupaten Gayo Lues untuk melakukan Pengawasan terhadap Penggunaan dana Bos tahun anggaran 2024 dan juga Dana BOP Kinerja PAUD Tahun 2024.



Apakah dana bos dan BOP Kinerja PAUD tersebut Sudah diperuntukkan dengan Tepat Sasaran sesuai dengan Juklak dan Juknisnya,Ungkap Aktivis LIRA tersebut,ungkap Purba,kepada media Kamis (23/5/2024).


Pasalnya berdasarkan informasi yang diterima dari sumber terpercaya kuat dugaan bahwa dana Bos tersebut tidak jelas peruntukkannya sebagaimana dalam temuan sebelumnya ada pembelian barang namun dibelanjakan ditahun berikutnya.


Sebab dana bos tersebut kuat dugaan kita disalah manfaatkan oknum-oknum kepala sekolah untuk mencari keuntungan dari pengelolaan Dana Bos dimaksud.


Dan hal ini sudah terjadi dari tahun ketahun.


Demi terwujudnya pengelolaan Dana Bos yang transparan dan sesuai dengan juknisnya maka inspektorat Gayo Lues kita desak segera mungkin untuk melakukan audit terhadap semua Sekolah Menengah Pertama yang mengelola Dana Bos khususnya dikabupaten Gayo Lues,Tegas Aktivis LIRA ini.(TIM)

Type above and press Enter to search.