GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Dana DAK Kabupaten Gayo Lues,Hingga Saat ini Belum Turun,Ka'ban Keuangan Diduga Kurang Koordinasi Dengan SKPK


JELAJAHPOS.COM Gayo Lues | - Lambannya Realisasi APBD Gayo Lues 2024 berdampak pada roda perekonomian masyarakat, hal ini dikarenakan masyarakat Gayo Lues masih bergantung dengan APBD kabupaten. 


Hingga saat ini realisasi APBD Gayo Lues masih di angka dari Total TKDD 684 ,23 Milyar Realisasi sebesar 286,90 atau 41,93 persen angka ini terpantau pada laporan keuangan milik DJPK.Kemenkeu.go.id.


Terkait lambannya realisasi tersebut aktivis LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) M PurbaSH menilai bahwa hal ini karena ketidak becusan Badan Pengelola Keuangan Kabupaten Gayo Lues, dimana dalam realisasinya Badan Pengelola Keuangan kabupaten setembat harus gesit dalam mengurus segala keperluan yang dibutuhkan oleh pusat untuk proses realisasinya, namun pada kondisinya kaban keuangan terlihat hanya menunggu Laporan dari tiap SKPK,sebut purba Senin,(27/5/2024).


sebagaimana diberitakan sebelumnya bahwa realisasi anggaran dimulai dari Alokasi Khusus Non Fisik bidang Bantuan operasional Keluarga berencana sudah terealisasi sebesar 2,23 Milyar dari total pagu 4,47 Milyar.


Dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan sebesar 14 Milyar rupiah masih belum terealisasi.


Sementara dana Bantuan operasional pendidikan sudah terealisasi sebesar 8,28 Milyar dari pagu 17,21 Milyar.


Dan Dana Desa sudah terealisasi sebesar 51,43 Milyar dengan persentase 47,97 persen dari total Anggaran 107 Milyar.


Total TKDD sebesar 684 ,23 Milyar realisasi sebesar 206 ,29 Milyar atau persentase 30,15.


Terkait hal tersebut ka'ban keuangan H.Sukri,SE.MM mengatakan bahwa Dana DAU -SG ,dan Doka Sudah masuk di RKUD Badan Pengelola keuangan Daerah.


Namun DAK fisik hingga saat ini belum turun dari pusat, Karena adanya keterlambatan laporan dari salah satu Ungkap ka'ban keuangan.(TIM)

Type above and press Enter to search.