GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Waspada! Majene Sulawesi Barat Kembali Diguncang Gempa dengan Kekuatan 5.0 SR

 





Guncangan gempa bumi yang terjadi di wilayah Sidrap, Sulsel pada Sabtu, 16 Januari 2021. /BMKG



Majene.Www Jelajah Pos.Kabupaten Majene, Sulawesi Barat kembali diguncang gempa bumi pada Sabtu pagi, 16 Januari 2021 pukul 06.32 WIB.


Informasi ini disampaikan langsung oleh Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman Instagram resminya @infobmkg pada 16 Januari 2021.


gempa tersebut memiliki kekuatan 5.0 SR, dengan pusat koordinat 2.89 LS, dan 119.03 BT atau berjarak 20 km dari Timur Laut Majene, dengan kedalaman 10 km.


Berdasarkan data per 16 Januari 2021 pukul 02.00 WIB, Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan sekitar 637 orang mengalami luka ringan dan mendapatkan penanganan rawat jalan di Kabupaten Majene.


Selain itu, kurang lebih 15.000 orang mengungsi di 10 titik pengungsian, dan 8 warga dinyatakan meninggal dunia.


BPBD Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Polewali Mandar bekerja sama dengan TNI/Polri, Basarnas, relawan dan instansi terkait dalam upaya pencarian korban yang masing tertimbun reruntuhan bangunan yang hancur.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi.


Oleh karena itu, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan, terutama masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam karena berpotensi terjadi adanya longsoran.


Selain itu, masyarakat yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir juga diharapkan untuk selalu waspada apabila merasakan adanya gempa susulan karena kemungkinan terjadi adanya tsunami.


BNPB juga meminta agar masyarakat tidak mudah percaya dengan segala informasi yang belum jelas sumbernya.


Masyarakat diminta tidak langsung percaya dengan berita bohong atau hoaks mengenai prediksi dan ramalan gempa bumi yang akan terjadi.

(Wahid)