GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Dongkrak Perekonomian Masyarakat, Pemdes Onang Utara Bangun Jalan Usaha Tani

Majene,Jelajahpos.Com - Pemerintah Desa(Pemdes) Onang Utara, Kecamatan Tubo, Kabupaten Majene, membangun jalan usaha tani (JUT) di setiap Dusun Desa Onang Utara sepanjang 167 meter. Pembangunan yang berasal dari anggaran dana desa (DD) 20 % ketahanan pangan, untuk mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Kepala Desa Onang Utara,Abdul Kayung  mengatakan JUT tersebut merupakan akses utama masyarakat sekitar untuk mengangkut hasil bumi, seperti pertanian dan perkebunan. Untuk itu, Jalan Usaha Tani(JUT) di setiap Dusun  tahun ini ditingkatkan menjadi rabat beton.


Melalui program ketahanan pangan dan hewani, JUT itu dibangun menggunakan anggaran DD 2022 tahap kedua. Sehingga, akses angkut hasil bumi makin lancar," kata dia,senin 20/9/ 2022.


Dia mengatakan peningkatan JUT dengan kontruksi rabat beton itu memiliki panjang keseluruhan 167 meter, ketebalan 10 cm. 

Selain itu, ."Di ruas JUT itu semua anggaran memakai DD 2022 tahap kedua," ujarnya.


Kayyun, mengatakan dengan dibangunnya JUT diharapkan dapat mendongkrak perekonomian dengan akses mudah mengangkut hasil pertanian dan perkebunan di setiap Dusun. 

"Harapannya dengan akses JUT yang mulus, hasil pertanian dan perkebunan akan lebih mudah diangkut. Sehingga, kedepan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata dia.


Sementara itu,Linda Wirda PPKD Desa Onang Utara, mengatakan tahun anggaran 2022 penggunaan DD wajib diperuntukkan ketahanan pangan dan hewani sebesar 20%, Bantuan Langsung Tunai sebesar 40%, penangan Covid-19 sebesar 8%.

"Sedangkan sisanya untuk infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat,” katanya.


Di tempat yang sama ketua BPD Jumadil mengatakan,

pembangunan infrastruktur jalan tani tersebut telah melakukan musyawarah di tuangkan dalam APBDes Desa,warga  setempat sudah mengetahui pada pelaksanaan musyawarah desa. sehingga memfokuskan pembangunan di bidang ketahanan pangan.


“Untuk pekerja, kita gunakan warga desa setiap Dusun untuk turun langsung membangun jalan tani, jadi masyarakat desa juga di berdayakan dengan adanya anggaran dana desa ini,” pembangunan jalan usaha tani masyarakat dapat dimudahkan dalam mengangkut hasil tani,” tuturnya. (whd)

Type above and press Enter to search.