GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Jumat Curhat Polres Pinrang di Desa Mattiro Ade


JELAJAHPOS.COM | Jumat curhat Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita yang diwakili Kabag Ops Kompol Tamar didampingi Kasat Binmas serta Kapolsek Patampanua Iptu Sukri, berlangsung secara sederhana, bertempat di Kantor Desa Mattiro Ade Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi selatan.Jumat (10/2/23).


Turut hadir dalam giat tersebut, Kasi Humas Polres Pinrang Iptu Daud, Anggota DPRD Kabupaten Pinrang Drs Hamzah, Babinkamtibmas, Kepala Desa Mattiro Ade Rustan Sali, Ketua BPD Andi Agussenge serta para Kepala Dusun Desa Mattiro Ade, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat.


Kepala Desa Mattiro Ade Rustan Sali dalam sambutannya menyampaikan, kami mewakili masyarakat desa Mattiro Ade mengucapkan selamat datang dan salam hormat dari kami dengan harapan, tatap muka antara Aparat Penegak Hukum dalam hal ini jajaran Polres Pinrang dengan masyarakat dalam giat Jumat curhat dapat menjadi ajang silaturrahmi, antara kami dari pihak pemerintah Desa, masyarakat dan pihak Polres Pinrang, ucap Rustan.

Dilanjutkannya, melalui kesempatan ini kami sampaikan kondisi Kamtibmas di daerah kami, “Alhamdulillah dalam keadaan aman, kolaborasi tiga pilar kami, Kepala Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa mampu memyelesaikan persoalan ditengah masyarakat, kami selalu mengedepankan Restorative justice sebelum ke ranah hukum, jalan perdamaian menurut kami lebih baik daripada menempuh jalur hukum,” ungkap Rustan.


Kapolres Pinrang yang diwakili Kompol Tamar menyampaikan pesan pesan kamtibmas dan apresiasi kepada pemerintah Desa mattiro Ade karena atas jerih payahnya bersama tiga pilar, mampu mengatasi masalah ditengah masyarakat dengan jalan Restorative justice


“kami atasnama Kepolisian Resort Pinrang sangat mengapresiasi kolaborasi antara tiga pilar Desa mattiro Ade, yaitu Kepala Desa, Babinkamtibmas dan Babinsa yang banyak menyelesaikan masalah ditengah masyarakat dengan jalan restorative justice ,” ungkap Kompol Tamar.


Ditambahkannya, melalui kesempatan ini, kami mengharap partisipasi dari semua lapisan.masyarakat untuk senantiasa menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dan bilamana ada sesuatu yang mau disampaikan terkait tugas kami dari Kepolisian atau kinerja kami yang masih dianggap kurang tolong disampaikan untuk fitingkatkan di masa yang akan datang, ungkap Kompol Tamar.


Dalam sesi tanya jawab, masyarakat mengeluhkan tentang pemotongan timbangan gabah yang dilakukan oleh pedagang dan mengharap ditindak lanjuti serta keluhan masyarakat terkait hewan peliharaan berkaki empat yang banyak berkeliaran, maraknya aksi pencurian kendaraan roda dua dan mengharap adanya pengamanan nanti di bulan suci ramadhan terkait keamanan kendaraaan serta kemacetan lalulintas bagi mesjid yang ada di wilayah jalan poros.


Kompol Tamar menyampaikan, terkait pemotongan timbangan gabah oleh pedagang sebenarnya bukan ranah kami dan untuk itu kami minta Pemerintah Desa bisa bersurat ke Pemerintah daerah untuk dibuat aturannya atau Pemerintah Desa bisa membuat Peraturan Desa (Perdes) terkait itu, karena perlu dipahami dalam undang undang jual beli, sepanjang ada kesepakatan antara kedua belah pihak maka itu dibenarkan, ungkap Kompol Tamar.

Terkait hewan peliharaan. yang banyak berkeliaran. kami harap Kapolsek Patampanua bisa mengundang yang punya ternak untuk diberikan pemahaman tentang hewan ternaknya yang berkeliaran dan merusak tanaman warga serta merusak fasilitas umum.

Masalah maraknya pencurian kendaraan roda dua, kami mengharap agar masyarakat yang mempunyai kendaraan roda dua agar menjaga kendaraannya dengan baik, pastikan setiap kali memarkir kendaraan dalam posisi terkunci leher karena kejahatan selalu mengintai kita, “kejahatan bisa terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku tapi karena adanya kesempatan,” terang Kabag Ops Polres Pinraang.

Mengenai pengamanan pada bulan ramadhan nanti, kami mengharap Kapolsek Patampanua dapat penempatkan anggota di mesjid mesjid, utamanya yang pinggir jalan raya untuk menjaga keamanan, ucapnya.

Sementara Kapolsek Patampanua Iptu Sukri menyampaikan, “Insyaallah terkait hewan ternak yang berkeliaran kami akan undang pemiliknya untuk diberikan pemahaman, “Kami di Polsek Patampanua hanya memiliki 20 personil melayani 2 Kecamatan yaitu, Patampanua dan Batulappa maka kami mengharap bantuan dari semua pihak untuk senantiasa menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif dan bila ada sesuatu yang dianggap menggangu dan perlu dilaporkan jangan segan segan menghubungi kami, disini ada Babinkantibmas yang menjadi perpanjangan tangan kami di Desa,” ucap Kapolsek Iptu Sukri.(**)