GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Survei Capres LSJ: Prabowo 40,3%, Ganjar 32,6% dan Anies 20,7%


JAKARTA – JELAJAHPOS.COM |Peneliti Senior Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto merilis hasil survei terbaru mereka tentang elektabilitas calon presiden jelang Pemilu 2024, Senin, 3 Juli 2023.


Hasil Survei tersebut ditemukan elektabilitas Menhan RI, Prabowo diatas dua kompetitor utamanya semakin absolut yakni Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan apabila Pilpres hanya diikuti tiga nama saja. 



“Ketika kepada responden diajukan pertanyaan, siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres dan hanya diikuti oleh tiga capres, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan?,” kata Fetra Ardianto


“Hasilnya sebanyak 40,3% responden menegaskan pilihannya pada Prabowo, lantas 32,6% responden memilih Ganjar dan 20,7% menjatuhkan pilihan pada Anies. Sebanyak 6,4% responden menyatakan belum punya pilihan (undecided),” sambung Fetra Ardianto


Prabowo Subianto disebut leading jauh atas Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan dalam simulasi secara head to head. Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika Pilpres dilaksanakan saat ini dan hanya diikuti oleh Prabowo dan Ganjar.


“Sebanyak 52,4% memilih Prabowo, lalu 38,5% memilih Ganjar dan sisanya (9,1%) mengaku belum punya pilihan. Sedangkan jika head to head dengan Anies, Menhan Prabowo unggul 56,2% berbanding 36,8%, sementara 7% responden masih belum bisa memilih salah satu diantara keduanya,” terangnya.

 

Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 3 Nama

 

Prabowo Subianto 40,3%

Ganjar Pranowo 32,6%

Anies Baswedan 20,7%

Undecided 6,4%

 

Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 2 Nama

 

Prabowo Subianto 52,4%

Ganjar Pranowo 38,5%

Undecided 9,1%

 

Tingkat Elektabilitas Capres Simulasi 2 Nama

 

Prabowo Subianto 56,2%

Anies Baswedan 36,8%

Undecided 7%

 

Tingkat Elektabilitas Capres-Cawapres Simulasi 3 Pasangan

 

Prabowo Subianto/Erick Thohir 40,5%

Ganjar Pranowo/Sandiaga Uno 30,8%

Anies Baswedan/Agus Harimurti Yudhoyono 24,5%

Undecided 4,2%

 

Survei LSJ dilaksanakan pada 20 s/d 29 Juni 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah. 


Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic random sampling). 


Margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (tele-polling) dengan pedoman kuesioner.