GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Askonas; Gubernur Baru Harus Berdayakan Pengusaha Lokal

JELAJAHPOS.COM, Mamuju — Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) meminta Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) yang baru saja dilantik lebih memperhatikan para pengusaha daerah atau lokal.

Kepada wartawan, Selasa (16/5/17), ketua Askonas Sulbar, Muhammad Ilham Zainuddin mengungkapkan, sebelumnya pengusaha lokal di daerah ini masih belum maksimal diperhatikan, utamanya dalam mendapatkan pekerjaan bherupa jasa dan kontruksi.

"Selaku ketua Askonas, saya berharap kepada Gubernur terpilih yang baru saja dilantik, agar kiranya mampu memberdayakan kontraktor daerah atau lokal, sesuai dengan janji sebelum Pilgub Sulbar,' tegas Ilham.

Menurutnya, memang proyek pekerjaan seperti jasa dan konstruksi dilakukan dengan cara tender dan berlaku secara nasional. namun, dengan sistem yang ada, pemerintah dapat mengaturnya secara baik dalam rangka menjamin para pengusaha lokal.

"Dengan sistem yang ada, kemudian lahirnya UU nomor 2 Tahun 2017 tentang usaha jasa kontruksi, itu dibebankan kepada otonomi daerah. bagaimana daerah bisa mengatur dengan baik. Sehingga pengusaha lokal ini ada diberdayakan," ucapnya.

Mantan ketua HIPMI Mamuju ini menambahkan, pengusaha dari luar daerah memang masih sangat dibutuhkan untuk klasifikasi pekerjaan tertentu.

"Sulbar ini memang juga membutuhkan pengusaha dari luar, tapi bagaimana kita bergandengan. Dengan proyek yang sifatnya kompleks, tentu dengan dilatih pengusaha dari luar itu bisa membuat pengusaha lokal lebih mapan," katanya.

Pria sapaan akrab Rori ini juga berharap kepada pengusaha lokal agar memperoleh proyek atau pekerjaan sesuai dengan sumber daya manusia yang dimiliki.

"Tetapi saya percaya kepada Gubernur Sulbar yang baru akan tetap berpihak kepada pengusaha lokal yang profesional dan proporsional. Olehnya, pengusaha lokal ini harus benar-benar memiliki skil, kualifikasi badan usaha yang dimiliki juga bagus," pungkasnya (infosulbar)

Type above and press Enter to search.