GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Peternak Desa Lalatezdong Diberi Bantuan Mesin Pencacah Rumput


Majene, Jelajahpos.Com-Pemerontah Desa(Pemdes) Lalatezdong Kecamatan Sendana memberikan bantuan alat pencacah rumput kepada Kelompok Ternak setiap Dusun,di Desa Lalatezdong,

Dusu Uzdung, Dusun Tosalama, Dusun Lalatezdong,dan Dusun tappagalung.mesin ini sangat efektif membantu para peternak dalam  menyiapkan pakan untuk ratusan kambing yang ada.


Kepala Desa Lalatezdong Ridwan maruseng dalam sambutanya mengatakan, memberikan bantuan mesin pencacah pakan dan Drom plastik untuk tempat penampungan dapat menghemat waktu saat pemberian pakan kambing setiap hari. "Mesin pencacah rumput ini membantu mempercepat penyiapan pakan, sehingga pemberian pakan lebih efisien," tuturnya saat ditemui, Jelajahpos.Com Senin (19/9/2022).


Menurutnya,Pencacahan pakan secara manual menggunakan paran sangat bergantung pada umur rumput. Bila usia rumput terlalu tua, peternak sulit mencacah rumput dengan cepat. "Saat menggunakan mesin, rumput setua apa pun bisa dicacah dengan alat ini dan bisa dimakan kambing sampai habis,

"ujarnya.


Di katakan pula, bahwa pengadaan mesin pencacah rumput dananya bersumber dari Dana Desa(DD) Anggaran tahun 2021 dan 2022,untuk ketahanan pangan 20 % dari DD.Penyerahan alat  di laksanakan di halaman Kantor Desa Lalatezdong. 


Ridwan Maruseng berharap, alat yang diberikan dapat membantu budi daya kambing dilalatezdong.

"Terkhusus di Majene,ternak merupakan bagian dari sektor pertanian, sedangkan sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Lalatezdong,

Harapannya dengan alat ini produktivitas peternakan lebih baik dan biaya bisa ditekan,

" ujarnya.


Seusai memberikan arahan tentang manfaat mesin pencacah, Ridwan bersama dengan kadis DPMD Majene lansun menyerahkan kepada perwakilan setiap dusun.


Sementara itu H.Sudirman.S.Sos.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa( DPMD) Kab.Majene mengatakan,

bantuan mesin pencacah rumput untuk peternak agar bisa di menfaatkan dengan baik,untuk produksi ternak, jika berhasil dalam pengembangan merupakan sebuah aktivitas ekonomi, karena itu aktivitas ekonomi tersebut harus berjalan dengan efektif dan efisien, agar para peternak bisa memperoleh pendapatan yang lebih baik.


“Ternak merupakan salah satu dari sektor pertanian, sementara sektor pertanian adalah sektor unggulan di Majene. Maka, Pemerintah Kabupaten memiliki rencana ke depan, bahwa sektor pertanian yang ada di Majene akan lebih dikembangkan lagi,” katanya.


Sebab itu, kata Sudirman. kelompok ternak  yang sudah berdiri sejak lama dan termasuk kelompok ternak yang ada Desa Lalatezdong, diharapkan nantinya lebih bisa menjamin kesejahteraan para peternak anggota kelompok.

Turut hadir pada penyerahan kepala Desa,KadisPMD,Babinsa, Bimas desa,Aparat Desa,Ketua dan Anggota BPD,Pendamping desa dan Kelompoknya pemerimah.( Whd)



 

Type above and press Enter to search.