GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Kapolres Pinrang Hadiri Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional



Polres Pinrang – JELAJAHPOS.COM kapolres pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita S.I.K hadiri peringatan hari sampah nasional pada hari selasa (21/02/2023) di Lapangan Apel Makodim 1404 Pinrang Jl. A. Makkulau Kelurahan Laleng Bata Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang.


Terlihat hadir dalam pelaksanaan tersebut, Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita S.I.K, dan Dandim 1404 Pinrang Letkol Inf Aris Barunawan S.I.P., M.I.P, instansi terkait, serta tamu undangan.


Dandim 1404/Pinrang mengatakan di Tahun 2023 menjadi tahapan baru dalam kehidupan kita setelah melalui masa pandemi yang cukup sulit.  


Tahun ini juga menjadi momentum untuk melanjutkan upaya-upaya dalam pengelolaan sampah yang telah dilakukan dan melalui tahapan baru yang lebih maju untuk mewujudkan target-target yang telah disepakati, dengan partisipasi aktif dari semua pihak, mulai dari Pemerintah, TNI/Polri, Pemda, Dunia Usaha, Civil Society Organization (CSO), dan Komunitas masyarakat hingga tingkat bawah.


Dalam rangka pelaksanaan rencana aksi untuk mencapai target Nasional, maka peran dan posisi Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 menjadi sangat strategis untuk memperkuat posisi   sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sekaligus manifestasi dari salah satu prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yaitu waste to resourse melalui cara kerja ekonomi sirkuler  (circular economy)  dan  sampah menjadi  sumber energi.


Secara  sederhana, Hari Peduli Sampah  Nasional Tahun 2023 menjadi babak baru pengelolaan sampah Indonesia menuju Zero Waste, Zero Emission.


Sementara itu, Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita,S.IK, menyampai-kan bahwa sinergitas dan kebersamaan dalam pengelolaan sampah mutlak diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan sampah.


" Ini sebagai upaya yang dilakukan dalam rangka membangun kesadaran masyarakat yang selama ini membuang sampah tidak pada tempatnya tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh semua pihak" Ujarnya.


Untuk itu pendampingan dan pendekatan yang dilakukan para fasilitator masih perlu ditingkatkan dengan kerja keras dan dukungan dari semua pihak.


Upaya pendekatan diharapkan dapat merubah perilaku masyarakat sekitar untuk semakin peduli dengan lingkungannya. 


Harapannya, "dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2023 ini, sampah yang ada di wilayah Kabupaten Pinrang bisa berkurang dan kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan bisa berubah dalam rangka menciptakan Pinrang yang bersih dan asri" tutup Kapolres Pinrang.