GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Gatot: Rp 200 Juta untuk Rio Capella, Duit 'Ngopi-ngopi' Jasa Mediasi

Jakarta - Gubernur nonaktif Sumut Gatot Pujo Nugroho mengakui adanya pemberian duit Rp 200 juta ke eks Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella melalui Franssica Insani Rahesti. Duit ini sebagai imbalan atas upaya Rio memfasilitasi islah dengan Wagub Sumut-kini Plt Gubernur-Tengku Erry Nuradi.

"Permintaan Sisca katanya atas permintaan Pak Rio Capella, yang tersampaikan untuk ngopi-ngopi.  Ngopi dalam artian minum kopi
bahasa simbol, (dalam) tanda petik jasa untuk mediasi islah," kata Gatot Pujo bersaksi dalam sidang lanjutan Rio Capella di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jl Bungur Besar, Jakpus, Senin (23/11/2015).

Permintaan duit ini dilakukan setelah islah di kantor DPP NasDem pada 19 Mei 2015. Permintaan duit disampaikan Sisca melalui istri Gatot, Evy Susanti.

Upaya Gatot meminta bantuan Rio Capella yang saat itu masih menjabat Sekjen NasDem disampaikan pada sekitar bulan April saat bertemu Gatot di Hotel Mulia. Saat itu Gatot menyampaikan keluh kesah atas terganggunya roda pemerintahan.

"Karena dalam perjalanan pemerintah, kami sering diganggu momen-momen dan isu politik yang kami dengar salah satunya yang melakukan wakil saya," sambungnya.

Saat itu Rio menurut Gatot berjanji akan mengupayakan terjadinya pertemuan Islah hingga akhirnya terlaksana pada 19 Mei 2015.

"Wagub Tengku Erry Nuradi, Bapak OC Kaligis dan Pak Surya Paloh," sebut Gatot menjelaskan pihak yang hadir dalam islah.

Dalam islah, Gatot kembali menceritakan adanya gangguan politik terhadap kepemimpinannya. Surya Paloh dalam pertemuan lantas mengingatkan agar Gatot dan wakilnya tetap harmonis.

"Saya merasakan setelah pertemuan islah suasana kondusif baik," sambung Gatot.

Hakim Ketua Artha Theresia Silalahi bolak balik menanyakan maksud pemberian duit Rp 200 juta dari uang pribadi Gatot ke Rio. Sebab Evy Susanti dalam persidangan sebelumnya menurut Hakim Artha menyebut duit dimaksudkan untuk mengamankan penyelidikan perkara bansos di Kejagung.

"Istri Anda bilang terkait perkara?'" sebut Hakim Artha. "Perkara terhadap saya adalah melalui penasihat hukum saya OC Kaligis," jawab Gatot.

"Sejak awal saya komunikasi dengan Rio Capella dalam rangka untuk islah. Kalau terkait perkara kami sudah mempunya penasihat hukum Pak OC Kaligis," imbuh Gatot. (detik)

Type above and press Enter to search.