GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Kapolres Palopo dan Luwu Dimutasi


JELAJAH POS
PALOPO--- Mutasi besar-besaran terjadi di tubuh Mabes Polri. Kepala Polres Palopo, AKBP Fajaruddin dan Kepala Polres Luwu AKBP Rudi Heru Susanto masuk dalam jajaran itu. Kapolres Palopo, akan mengakhiri masa jabatannya di daerah ini, dan akan mengisi jabatan barunya sebagai Wakil Kepala (Waka) Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Metro Jaya, yang berada di Lido, Sukabumi, Jawa Barat.
Jabatan AKBP Fajaruddin akan diisi oleh AKBP Endang Rasyidin yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Jarlat Pusdik Reskrim Mega Mendung Bogor.
Sementara Kapolres Luwu AKBP Rudi Heru akan meninggalkan jabatan lamanya dan digeser ke Polda Jawa Tengah sebagai Dir Tahti. Kapolres Luwu akan dijabat AKBP Alan Abas.
Biro Humas Polda Sulselbar, Kompol Abire yang dikonfirmasi membenarkan tentang mutasi di tubuh Polri tersebut, termasuk dengan bergesernya posisi AKBP Fajaruddin dan AKBP Rudi Heru .
Dari Mutasi tersebut, tujuh diantaranya perwira menengah jajaran Polda Sulselbar, masing-masing Irwasda Polda Sulsel, Kombes Pol Drs Aan Iskandar, dimutasi menjadi Irwasda Polda Jatim. Selanjutnya, Aan digantikan Kombes Pol Drs E Permadi.
Karo SDM Polda Sulselbar, Kombes Pol Drs Teguh Suwarno, pindah ke SDM Mabes Polri dan digantikan Kombes Pol Drs Asep Syaefudin.
Kombes Pol Dani Wisma. W yang semula menjabat Dir Reskrimsus Polda Sulselbar, dipindah ke Lemdikpol PTIK dan digantikan Kombes Pol Drs Petrus Waine.
Dir Reskrimum Polda Sulselbar, Kombes Pol Drs Syamsudin Yunus, dimutasi ke Lemdikpol dengan penggantinya Kombes Pol Drs Joko Hartanto. Kapolres Palopo, AKBP Fajarudin dipindah ke Ses SPN Lido dan digantikan AKBP Endang Rasyidin.
Kemudian, Kapolres Pangkep, AKBP Idil Tabransyah mendapat job baru sebagai Wadir Binmas Polda Sulselbar. Di Polres Pangkep akan diisi AKBP Deni Hermana.
Terakhir, AKBP Rudi Heru, meninggalkan jabatan lamanya sebagai Kapolres Luwu dan digeser ke Polda Jawa Tengah sebagai Dir Tahti. Kapolres Luwu dijabat AKBP Alan Abas.
Selain itu, pergeseran lainnya yakni Kombes DR Chryshnanda Dwilaksana MSI saat ini Dirlantas Polda Riau akan menjabat Dirlantas Polda Metro Jaya. Disusul kemudian Kombes Budiono Sandi, Analis Kebijakan Bidang Kamneg Baintelkam Polri yang bakal menjabat Dirintelkam Polda Metro Jaya.
Sementara, AKBP Ch Patoppoi, Wakapolres Metro Jakarta Utara, menjabat Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta-Polda Metro Jaya. Dan AKBP Mohamad Agung Budijono, Kapolres Pacitan Polda Jawa Timur menduduki jabatan Wakapolres Metro Jakarta Utara-Polda Metro Jaya.
Rudi Heru Susanto, saat dihubungi, mengatakan dirinya sudah mengetahui jika namanya masuk dalam struktur mutasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian, Minggu, 25 November kemarin.
Ia menambahkan, dalam mutasi nantinya dirinya mendapatkan jabatan baru di kampungnya sendiri Polda Jawa Tengah sebagai direktur tahanan dan barang bukti.
Sedangkan yang akan menggantikan posisinya sebagai Kapolres Luwu saat ini ialah AKBP Alan Gerikabas bertugas sebagai Korlantas Mabes Polri.
Sementara Kapolres Palopo, AKBP Fajaruddin mulai bertugas di Palopo pada November 2011 menggantika kapolres sebelumnya AKBP Trijan Faisal.
Kapolres Palopo, AKBP Fajaruddin ketika dihubungi, Minggu, 25 November kemarin belum dapat memberikan keterangan secara detail terkait wacana kepindahannya.
Perwira dua melati di pundak ini hanya berpesan untuk menghubungi pihak Polda Sulselbar. ''Untuk mengetahui secara pasti, konfirmasi ke pihak Polda,'' katanya singkat.
Sekadar catatan, Kapolres yang menjabat, sejak September 2011 ini, berhasil mengungkap beberapa kasus dimasa kepemimpinannya, seperti pengungkapan tersangka kasus tewasnya pelajar SMAN 4 Palopo Dewi Yuliana, dan beberapa kasus pembunuhan lainnya, serta pencurian 30 unit motor yang kian meresahkan warga, termasuk konflik di Lebang. (fj-rul/uce/t)

Type above and press Enter to search.