GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Mensos dan Menkop UKM Targetkan 200.000 Koperasi Tahun Ini

JELAJAH POSJakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) bekerjasama untuk mengurangi kemiskinan. Hal itu dilakukan melalui penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) pembinaan dan pengembangan kelompok usaha bersama untuk membentuk koperasi.

"Secara eksplisit dengan ditandatangani MoU maka objektif kementerian pasti tercapai karena pembentukan koperasi KUBE (Kelompok Usaha Bersama) ini bisa dipastikan meningkat. Ada 194.344 koperasi di Indonesia, dan tahun ini target tembus di angka 200.000," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Syarif Hasan dalam penandatanganan MoU di kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya, Jakarta, Senin (25/2/2013).

Menurutnya, kerjasama dua kementerian ini merupakan terobosan. Sinergi dua kementerian ini diharapkan bisa mensukseskan program pengentasan kemiskinan pemerintah. "Caranya kita melakukan pengembangan usaha kelompok kerja bersama," ujar Syarif.

Syarif berharap melalui kelompok Koperasi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) ini kesejahteraan rakyat bisa meningkat,"Pertumbuhan ekonomi kita targetkan 6.8 persen," katanya.

Di kesempatan yang sama Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri mengatakan Koperasi KUBE ini bisa menjadi sarana untuk membangun tolong menolong, peduli dan berbagi, prinsipnya dari dan oleh masyarakat.

"Semoga dengan MoU ini Insya Allah mereka yang sudah sukses semakin meningkat. Kita sangat optimis dengan adanya MoU ini langkah yang cukup bagus agar mereka yang gabung dalam kelompok ini bisa meningkat," ujar Salim.

Rencananya dalam upaya peningkatan koperasi KUBE ini setiap kelompok usaha yang terdiri dari 10 Kepala Keluarga (KK) akan diberikan dana bantuan berupa hibah senilai Rp 20 juta. Karena sifatnya hibah jadi tidak ada jaminan, dan dana ini diperuntukan bagi warga miskin agar bisa mendiri dalam finansial.

Type above and press Enter to search.