GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Stok Hewan Kurban Jelang Idul Adha Cukup

JELAJAHOS.COM, MUSIRAWAS -- Stok hewan kurban sapi dan kambing serta kerbau di Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan menjelang Idul Adha tahun 2013 cukup tersedia pada kelompok tani dan pedagang di wilayah itu.

Hewan kurban jenis sapi, kambing dan kerbau itu sebelumnya digemukan oleh kelompok tani dan tidak disediakan langsung oleh Dinas Peternakan setempat, kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Musirawas Bambang dihubungi, Minggu.

Ia mengatakan, penggemukan sapi yang ada pada kelompok tani daerah itu didatangkan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan usia rentang dua sampai tiga tahun.

"Sebelum dimanfaatkan diberikan makan cukup dan teratur selama tujuh bulan, sehingga dengan pemeliharaan yang rutin akan membuat sapi-sapi itu menjadi gemuk," ujarnya.

Mengenai harga jual pada tingkat peternak saat ini dipastikan mengalami kenaikan, karena selain permintaan meningkat juga biaya pemeliharaan dan pakan ternak itu sudah cukup tinggi bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Salah seorang peternak sapi di wilayah Kecamatan Sumber Harta, Memed mengatakan, harga hewan kurban menjelang Idul Adha tahun 2013 rata-rata naik.

Jika dibandingkan pada tahun sebelumnya terjadi peningkatan harga antara Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per ekor dari harga biasa dan tergantung beratnya.

Harga sapi yang dijualnya saat ini mulai Rp7.000.000 sampai dengan Rp12 juta per ekor, sedangkan bobot sapi mencapai 500 kilogram bisa mencapai Rp12 juta per ekor.

Sedangkan tahun 2012 harga hewan kurban juga mengalami kenaikan, terutama jenis kambing dan sapi, untuk kambing berat 25 kilogram dijual Rp1,7 juta dan bobot kambing 40 kilogram Rp3,5 juta per ekor, namun tahun ini sudah naik.

Biasanya calon pembeli hewan kurban itu membandingkan dengan harga jual peternak lainnya, namun ada juga langsung membeli karena takur kehabisan stok menjelang Idul Adha nanti, ujarnya.republika


               

Type above and press Enter to search.