GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Dinas Pariwisata Kedepan Siapkan Tosora sebagai Desa Wisata Budaya




Puing masjid tua yang ada di Desa Tosora, Kecamatan Majauleng.

SENGKANG, JELAJAHPOS.com -- Sala satu lokasi wisata yang akan di  rencanakan menjadi tepatnya di Desa Tosora, Kecamatan Majauleng yang pernah menjadi pusat Kerajaan Wajo di masa lampau bakal dipersiapkan menjadi Kawasan Desa Wisata Budaya.

Wacana tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan Pemuda dan Pariwisata Kabupaten Wajo, Andi Darmawangsah, baru-baru ini.

Menurutnya, tahun ini Pemerintah Kabupaten Wajo menargetkan daerah ini bisa menjadi daerah tujuan wisata berbasis alam dan kebudayaan.

"Kalau selama ini Kabupaten Wajo hanya menjadi daerah transit wisatawan, maka tahun ini kita upayakan mampu menjadi daerah tujuan wisata. Tentu saja, dengan mengandalkan beberapa objek wisata yang sudah ada, seperti rumah terapung serta ke depan pengembangan Desa Wsiata Budaya Tosora," kata Andi Darmawangsyah

Ia mengakui, pengelolaan kepariwisataan di Kabupaten Wajo saat ini belum maksimal serta ditambah dengan kondisi beberapa objek wisata saat ini yang terbengkalai.

"Itu yang sementara kita programkan. Khusus Kompleks Rumah Adat Atakkae, kami sementara mencari konsep pengembangan ke depan, apakah dijadikan sebagai pusat ekonomi kreatif sekaligus sebagai pusat produksi dan pemasaran hasil-hasil kerajinan khas masyarakat Kabupaten Wajo," imbuh Darmawangsyah. (tim)

Type above and press Enter to search.