GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Jurnalistik Jadi Ekskul Andalan !

BERSAMA KEPSEK. Empat teman kita yang ca...
JELAJAHPOS.COM HAI sobat KeKeR! Pekan ini kita punya cerita menarik dari Kabupaten Sinjai. Nah di Sinjai, ternyata ekstrakurikuler (ekskul) jurnalistik hanya dapat ditemui oleh SMAN 1 Sinjai. Wah, bangga dong...

Pembina ekskul jurnalistik SMAN 1 Jurnalistik, Takdir Kahar mengatakan, ekskul ini terbentuk sejak November 2006 silam. Menurut dia, awal terbentuknya ekskul yang menjadi salah satu andalan SMAN 1 Sinjai ini, butuh kesabaran dan ketekunan untuk memberikan pemahaman tentang dunia jurnalistik yang sesungguhnya kepada siswa. Termasuk dalam jajaran civitas sekolah.

"Jurnalistik siswa pertama kali diikrarkan di SMAN 1 Sinjai pada 10 November 2006 lalu. Saat itu, kita memulai perancangan untuk penerbitan perdana Buletin Siswa untuk pertama kalinya  di SMAN 1 Sinjai," beber Takdir Kahar.

Sebelumnya, kata Takdir, siswa hanya mengenal majalah dinding (mading) sebagai media untuk memamerkan karya-karya tulis siswa. Tapi mading ini rupanya tidak terbit secara maksimal. Maksudnya nih, sekali terbit, setelah itu menghilang deh.

Sebagai pembina ekskul ini, Takdir Kahar pun menjadikannya sebagai pekerjaan rumah yang harus dicarikan solusinya. Berbekal pengalaman jurnalistik yang pernah dipelajarinya dulu, Takdir berani memutuskan untuk membentuk ekskul jurnalistik yang diberi nama Smansa News.

"Alhamdulillah, sejak terbit dari November 2006 hingga Desember 2013, buletin siswa SMAN 1 Sinjai, telah menerbitkan 120 edisi. Buletin yang terbit empat hingga delapan halaman itu, rata-rata di cetak 300-500 eksamplar. Buletin ini diedarkan ke beberapa sekolah SMA dan SMP di Sinjai, kantor pemkab Sinjai dan kantor dinas," terang Takdir.

Takdir menambahkan, ada 30 persen siswa SMAN 1 Sinjai yang tertarik untuk bergabung di ekskul yang satu ini. Salah satu yang memotivasi siswa untuk bergabung di jurnalistik, karena ada sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh para pengurus buletin. Nah, yang membuat siswa antusias adalah karya para siswa dapat dimuat dalam buletin itu. Mau dong ikutan nampang di Smansa News!

"Beberapa program kegiatan ekskul jurnalistik ini yakni ; menerbitkan Buletin Siswa (weekly news) dan majalah dinding, lomba esai jurnalistik antar pelajar SMA/SMK sederajat se-Kabupaten Sinjai. Juga lomba Journalist Hyperlink Powerpoint (JHP) antar pelajar yang menampilkan profil siswa dan  hasil hunting foto jurnalistik. Selain itu digelar juga pelatihan jurnalistik bagi pelajar, sampai kepada program pelatihan pembuatan blog dan jejaring sosial lainnya," beber Takdir. Wah seru ya ekskul jurnalistik teman-teman kita disana! (*)

Type above and press Enter to search.