GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Ketua PWI Sulsel: Jangan Beri Hati Wartawan 'Muntaber'

SENGKANG, JELAJAH PS -- Ketua PWI Provinsi Sulawesi Selatan, Zulkifli Gani Ottoh, menekankan para wartawan bersikap profesional dan menjunjung kredibilitas dalam menjalankan tugasnya.


Penegasan itu disampaikan Zulkifli pada pada pelantikan pengurus PWI Kabupaten Wajo Periode 2014 - 2017, Senin (9/6/2014) di ruang pola kantor Bupati Wajo.


"Wartawan saat ini dituntut untuk bisa membangun pencitraan ke arah yang positif dengan menjaga kredibilitas dan integritas dalam menjalankan tugasnya. Kita tak mau lagi profesi wartawan dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk melakukan intimidasi kepada masyarakat atau pejabat publik," ujar Zulkifli Gani Ottoh.


Komisaris Harian Fajar ini menambahkan, PWI ke depan terus berusaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kewartawanan melalui sekolah jurnalistik dan pelaksanaan uji kompetensi wartawan. 


"Jangan lagi ada kesan wartawan hanya menyusahkan pemerintah dan masyarakat seperti wartawan muncul tanpa berita atau wartawan yang cuma nengok-nengok. Demi membangun jati diri ke arah positif, maka PWI Pusat hingga PWI Provinsi terus fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia kewartawanan melalui sekolah jurnalistik dan pelaksanaan uji kompetensi wartawan," papar Zulkifli.


Ia juga menyinggung peran kehumasan sebagai penyambung lidah antara wartawan dengan institusi pemerintahan. Menurutnya, humas harus mampu menyajikan data-data lengkap kepada para wartawan.


"Tapi, harus tegas juga melihat wartawan yang memang betul-betul bekerja dan berkontribusi nyata secara profesional. Jangan beri hati dan perasaan terhadap wartawan muntaber," tegas Zulkifli.


Sementara Wakil Bupati Wajo, Andi Syahrir Kube, menilai peran nyata pers telah memberi kontribusi besar dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Wajo.


"Kami mendukung penuh program PWI Sulsel dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia wartawan. Kami (pemerintah) juga tidak alergi terhadap kritikan, sepanjang hal tersebut bernilai konstruktif dan tetap mengedepankan kaidah-kaidah jurnalistik," kata Syahrir Kube.


Pelantikan pengurus PWI Kabupaten Wajo Periode 2014 - 2017 tersebut juga dihadiri pengurus PWI Provinsi Sulawesi Selatan, pengurus Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Sulsel, unsur Muspida Kabupaten Wajo dan sejumlah kepala SKPD.


Usai melantik pengurus PWI Kabupaten Wajo, Ketua PWI Cabang Sulsel bersama rombongan kemudian melakukan peninjauan ke Kantor PWI Wajo. Selanjutnya, meneruskan perjalanan ke Kabupaten Bone untuk melantik pengurus PWI Kabupaten Bone, Selasa (10/6/2014). (Humas)

Type above and press Enter to search.