GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

HATTA : Diklatpim Bukan Sekadar Untuk Memenuhi Persyaratan Administratif

MALILI,-- Bupati Luwu Timur A. Hatta Marakarma mengingatkan para peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim)  untuk tidak menganggap enteng kegiatan diklatpim. diklatpim bukan sekadar pelatihan tapi mengandung misi meningkatkan tingkat pengetahuan dan wawasan SDM eselon IV untuk mendukung pencapaian misi organisasi sehingga dapat menghasilkan out put yang maksimal.

Peringatan tersebut disampaikan Bupati Luwu Timur H. Andi Hatta Marakarma dihadapan para peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) IV Angakatan 194 Tahun 2014 saat membuka kegiatan tersebut di Aula Rujab Bupati, Senin (15/09).

Menurutnya, salah satu pilar utama terwujudnya agenda pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat adalah tersedianya SDM aparatur bermental positif dan profesional dalam melaksanakan tugas pengabdian.

Selain itu diklatpim juga merupakan salah satu tahapan pengembangan kualitas aparatur dalam mewujudkan pemenuhan kompetensi jabatan struktural.

“Diklatpim ini bukan sekadar untuk memenuhi persyaratan administratif atau formalitas belaka, namun saya berharap setiap peserta akan dapat membawa dampak yang riil bagi peningkatan kinerja para pejabat pemerintah” tegasnya.

Sementara Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Sulawesi Selatan H. Irman Yasin Limpo yang pada kesempatan tersebut menghadiri langsung pembukaan  Diklatpim IV  mengatakan bahwa pelaksanaan Diklatpim tahun 2014 sudah menggunakan pola baru.Sebagaimana yang telah diatur dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 13 Tahun 2013.

Dengan pola lama kemarin peserta diklatpim banyak menjalani Diklat yang dilakukan di dalam ruangan dengan berbagai materi yang disampaikan oleh narasumber. Akan tetapi dengan pola baru kali ini, porsi diklat akan banyak dilakukan langsung di tempat masing-masing peserta diklatpim bekerja.

“Bila selama ini peserta diklatpim menjalani pelaksanaan pembelajaran selama 40 hari, maka dengan pola baru ini,  peserta Diklatpim akan melaksanakan pembelajaran selama 97 hari kerja, Diklat pola baru yang telah diterapkan sekarang berbasis kinerja yang lebih mengedepankan praktek di lapangan.” Katanya.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Luwu Timur, Noviya Syahriani Syam,M.Si melaporkan Diklatpim IV Angkatan 194 diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari instansi/unit kerja dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan dilaksanakan selama 97 hari dari tanggal 15 September s/d 30 Desember 2014 di Verbeck Guest Malili,

Untuk mencapai kompentensi kepemimpinan taktikal, struktural kurikulum diklatpim IV tersebut disusun menjadi 5 tahap pembelajaran yakni; 1. Tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, 2. Tahap taking ownership, 3. Tahap merancang perubahan dan membangun tim, 4. Tahap laboratorium kepemimpinan dan 5. Tahap evaluasi, dengan menghadirkan pemateri Widyaswara/Instruktur Badan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan Pejabat Struktural Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Menandai dimulainya pelaksanaan diklatpim IV, didampingi Kepada Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan H. Irman Yasin Limpo, Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur Herdinang dan Kepala BKPPD Luwu Timur Noviya Syahriani Syam,  Bupati Luwu Timur H. Andi Hatta Marakarma menyematkan tanda peserta kepada 2 orang perwakilan peserta.(Fatir)

Type above and press Enter to search.