GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Resmikan Kantor Desa Topanda, Bupati Bulukumba : Program Desa Harus Sentuh Kepentingan Warga

JELAJAHPOS.com  – Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali didampingi Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto meresmikan bangunan Kantor Desa Topanda Kecamatan Rilau Ale, Rabu (17/1/2018).

Topanda merupakan desa hasil pemekaran dari Desa Tanah Harapan sejak tahun 2010, dan baru memiliki kantor permanen yang dibangun dari anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2017 senilai Rp 197 juta.

Menurut Kepala Desa Topanda, Andi Jemma, selama ini kantor Desa Topanda meminjam rumah warga untuk dijadikan kantor sementara. Namun kini setelah dana ADD cukup untuk membangun kantor permanen, pihaknya kemudian merencanakan pembangunan kantor desa dari ADD 2017 setelah mendapatkan tanah hibah dari masyarakat.

“Luas lahan 20 kali 30 meter dan luas bangunan 15 kali 21 meter, terdapat 6 ruangan dan 2 aula.

Tanah hibah ini juga sudah bersertifikat hak milik Pemerintah Desa Topanda,” tutur Andi Jemma saat menyampaikan laporannya.

AM Sukri Sappewali dalam sambutannya menyampaikan selamat atas selesainya pembangunan kantor desa tersebut. Ia meminta bangunan tersebut dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat, untuk pelayanan dan wadah penyaluran bantuan, serta untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan pemerintah baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten.


Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali dan Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto
Dengan adanya bangunan kantor permanen, lanjut AM Sukri Sappewali seharusnya semakin meningkatkan pelayanan pemerintah desa.

“Saya juga meminta kepala desa dalam merumuskan kebijakan tetap bersinergi dengan BPD, sehingga program kegiatan desa menyentuh kepentingan masyarakat,” jelasnya.

Terkait penggunaan dana desa yang semakin meningkat, AM Sukri berharap pelaksanaannya mengadopsi sistem padat karya, artinya pekerjanya berasal dari desa itu sendiri.

“Gunakan dulu warga sendiri untuk pekerjanya dan bayar sesuai standar. Jangan disuruh kerja tapi tidak dibayar,” pinta purnawirawan TNI pangkat kolonel ini.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga meresmikan Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al Fitrah yang didirikan di lokasi bencana angin puting beliung yang terjadi tahun 2017 silam.

Turut hadir dalam acara yang dirangkaikan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini, Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki, dan Ketua Baznas Bulukumba Yusuf Sandi.berita  sumber berita bulumba.com

Type above and press Enter to search.