GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Bupati Pinrang Ikut Sosialisasi Dorong Produktivitas Petani yang di Sponsori Bank BNI Beri Pembiayaan Murah Untuk Petani



PINRANG -jelajahpos.com - kali ini satu satunya Bank di indonesia yakni Bank BNI mempercayai petani dan  berpartisipasi dalam Gerakan Mengawal Musim Tanam (GMMT) Oktober 2018 - Maret 2019 (OKMAR 2018/2019) di Kabupaten Pinrang,Provinsi  Sulawesi Selatan,(sul-sel)  yang memang telah memasuki masa tanam. 
Dalam gerakan kali ini, BNI turut berkontribusi untuk menyediakan pembiayaan yang murah, mudah, disertai pendampingan selama musim tanam. General Manajer Divisi Bisnis Usaha Kecil BNI Bambang Setyatmojo menyatakan gerakan tersebut merupakan wujud kontribusi BNI untuk menyejahterakan petani. 
"BNI akan tetap terus menyukseskan pembangunan perekonomian Indonesia dan menyalurkan pembiayaan bagi segenap petani guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera dan mandiri," ujar Bambang dalam keterangan tertulis, Selasa (29/1/2019).

Dengan demikian, melalui gerakan terpadu ini diharapkan dapat memastikan agar para petani mampu melakukan proses tanam sesuai jadwal tanamnya. Selain itu, menjadi salah satu penopang program pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas petani, pemerataan pendapatan, dan pengentasan kemiskinan. 
Dalam acara Peluncuran GMMT (OKMAR 2018/2018) di Pinrang, Sulawesi Selatan yang digelar Selasa (29/1/2019) itu, Bambang menambahkan bahwa saat panen pun, petani dipastikan akan mendapatkan pembeli siaga atau Offtaker bagi petani sektor tanaman pangan di berbagai daerah sentra pangan di Indonesia. Program ini dilaksanakan dengan sinergi antar BUMN dan Kementerian Pertanian.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pinrang Andi Tjallo Kerrang menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan BNI atas pelaksanaan gerakan kawal tanam di Kabupaten Pinrang. Pinrang dipilih karena merupakan salah satu sentra pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan dengan potensi lahan pertanian lebih dari 53 ribu hektare.

Di lain pihak, Kepala Sub Direktorat Pupuk Bersubsidi Kementerian Pertanian Uray Suhartono mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian bersama BNI melakukan gerakan ini sebagai salah satu bentuk sinergi antara BUMN dan pemerintah dalam pendampingan budidaya. Selain itu, untuk peningkatan hasil produksi dengan dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta percepatan program berupa Corporate Social Responsibility (CSR).

Program lanjutan GMMT (OKMAR 2018/2019) ini dilaksanakan di atas hamparan lahan seluas 3 hektare di Desa Maritengngae. Kawasan pertanian di Desa ini menjadi bagian dari luas lahan 1.484 hektare di Kecamatan Suppa, Kabupateb Pinrang, Sulawesi Selatan.
Pada acara ini, BNI juga memberikan bantuan CSR berupa kegiatan Padat Karya Tunai (PKT) Normalisasi Saluran Irigasi. PKT dilakukan antara lain untuk menyediakan berbagai prasarana pendukung kawasan pertanian yang diikutsertakan dalam GMMT (OKMAR 2018/2018) ini. Program PKT yang dilakukan antara lain, perbaikan saluran irigasi sepanjang 2 kilometer di Desa Maritengngae. PKT ini melibatkan 300 petani. 
Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan tanam massal komoditas yang dilakukan oleh 500 Petani. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan Kartu Tani dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Tani kepada 102 debitur pertanian. KUR tersebut menambah portofolio penyaluran KUR oleh BNI. Di mana hingga 31 Desember 2018, KUR yang telah disalurkan BNI mencapai Rp 15,99 triliun dan menyentuh 147.691 penerima KUR di seluruh Indonesia.
GMMT (OKMAR 2018/2018) dilatar belakangi oleh musim hujan yang berlangsung di Kabupaten Pinrang dan merupakan upaya mengamankan keberhasilan hasil panen mulai dari musim tanam yang berlangsung pada bulan Oktober 2018-Maret 2019. Masa panen tahun 2019 sendiri diproyeksikan akan berlangsung pada bulan Februari-Maret 2019

Type above and press Enter to search.