GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Insya Allah besok akan dilaksanakan Tawaf Wada' atau Tawaf perpisahan yang menandai selesainya pelaksanaan Ibadah haji


JELAJAHPOS.COM SOPPENG Jamaah haji soppeng bersiap siap kembali ke tanah suci yang direncanakan tgl 18 agustus dan besok Insya Allah kloter 2 embarkasi makassar akan melakukan tawaf wadah sebagai tawaf perpisahan. Setiap orang yang melakukan ibadah haji dan umrah diwajibkan bagi mereka untuk melakukan tawaf wada. Tawaf wada ini adalah sebuah kewajiban bagi setiap jamaah haji dan umrah saat mereka hendak meninggalkan Kota Suci Makkah.
Tawaf wada hukumnya wajib dalam mazhab Hanafi, Syafi’i, dan Hambali, kecuali wanita yang haid dan penduduk Makkah.

Wajibnya tawaf wada ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA yang berkata, “Setiap manusia diperintahkan untuk menjadikan saat terakhirnya di Kota Makkah di sisi Baitullah (Ka’bah), hanya perintah ini tidak ditujukan bagi wanita haid.” (HR Bukhari & Muslim).

Tawaf wada ini adalah sebuah momen yang paling berat dirasakan oleh setiap jamaah khususnya jamaah haji soppeng yg meneteskan air mata. Momen perpisahan dengan Baitullah ini membuat mereka larut dalam suasana sedih bercampur haru dengan penuh harap dan doa semoga Allah SWT memberi kesempatan bagi mereka untuk dapat datang lagi suatu saat ke Baitullah, baik untuk berhaji maupun umrah.(@w)

Type above and press Enter to search.