GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Pelajar SMK Negeri Tapango ikuti Pelatihan Jurnalistik


Polman Ketua INFORMATIKA TEKNOLOGI Pengurus IWO Bersama Tim redaksi Jelajah TV  menggelar bersama biro Media Online  indonesiasatu.co.id  pelatihan jurnalistik dan Karya Tulis Ilmiah di SMK Negeri Tapango Kabupaten Polewalimandar Provinsi Sulawesi Barat bagi para siswa dengan tema membentuk siswa sebagai pelajar yang berwawasan dan terampil dalam menulis, Jumat 24/1/2020.

Dengan dikenalkan dunia jurnalistik, adik-adik pelajar bisa mengetahui proses menjadi jurnalis yang baik serta cara menulis berita sesuai kaidah  kata Andi Wahyudi Pemimpin redaksi media online Jelajah TV

Kegiatan tersebut diikuti oleh 50 siswa SMK Negeri tapango yang terlihat antusias mengikuti pelatihan dengan materi cara menulis berita, teknik wawancara dan cara pengambilan gambar foto serta mengambil video yang baik .

Kegiatan yang dinamai Pelatihan  Jurnalistik dan Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan  untuk berbagi wawasan kepada para siswa tentang kerja bidang jurnalistik, memberikan pemahaman cara yang benar untuk menyampaikan informasi melalui media sosial dan sebagai upaya membuat mereka tahu cara memilah informasi antara fakta dan hoaks.

Pelatihan jurnalistik ini diselenggarakan selama dua hari, selain teori dasar penulisan berita, para peserta dapat langsung berpraktik menyusun proyeksi hingga pembuatan berita, katanya.

Ilham selaku pemateri dari media indonesiasatu.co.id menjelaskan, kegiatan ini juga untuk memotivasi para siswa supaya gemar menulis, dengan segera dan mampu menuangkan ide di benaknya untuk dirangkaikan menjadi berita yang menarik untuk dibaca.

Gemar membaca untuk menambah wawasan dan mencerdaskan para siswa merupakan tujuan utama dari kegiatan pelatihan ini.
Bila siswa sudah cerdas melalui pemahaman jurnalistik setelah tamat Sekolah dan saat kuliah nanti dapat ikut aktif menjadi wartawan.

Selain diajarkan teknik wawancara, menulis berita, teknik pemotretan dan  mengambil video gambar, para siswa juga mendapat pemaparan tentang Undang-undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, sesuai amanat UU Nomor 40 Tahun Tahun 1999.

Kepala Sekolah SMK Negeri Tapango yang diwakili bapak Syarifuddin S.Pd membuka secara resmi pelaksanaan pelatihan  jurnslistik dalam sambutannya ia berterimakasih kepada  Tim Redaksi Jelajah TV dan biro media online indonesiasatu.co.id yang telah memilih  SMKN Tapango sebagai lokasi untuk pelaksanaan kegiatan Pelatihan Jurnalistik diawal tahun 2020.

Syarifuddin berharap Mudah-mudahan para siswa bisa lebih mengenal profesi wartawan dan lebih fokus dan serius mengikuti pelatihan sampai selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan.(Tim jelajah tv)

Type above and press Enter to search.