GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Desa Simbang Kembangkan Ekonomi Masyarakat Lewat BUMDes


JelajahPos.com Majene - Desa  Simbang, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene terus berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakatnya melalui pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMdes).

Berbagai jenis usaha yang di kelolah , mulai dikembangkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan,seperti  Briling BRI, Cape Desa, Simpan Pinjam  untuk  Usaha  kecil  makro, juga sudah di kelolah,Gedung Serbaguna tahun  ini  juga sudah di kelolah  oleh BUMDes.

" Rahmadi, menjelaskan bahwa beberapa bidang usaha sudah dikembangkan BUMDes tetapi belum maksimal. Karena itu, ke depan akan semakin dioptimalkan menjadi sumber pendapatan desa.

“Kami punya rencana usaha Pengembangan  Cape Desa, Bundes Mart   tahun 2020,  dikelola Bundes  dan masyarakat, keuntungan dibagi dua untuk desa dan masyarakat yang tergabung dalam Anggota Bundes. Kemudian kami juga sudah ada usaha pengolahan pupuk organik, sejak setahun lalu dan sudah masuk ke dalam BUMDes. Alhamdullilah sedikitnya bisa menjadi tambahan pendapatan desa dan membantu perekonomian masyarakat,” jelasnya, Senin, (3/2).

Meskipun Dikian Rahmadi, menegaskan bahwa Desa Simbang, kedepannya akan semakin memanfaatkan lini usaha produktif yang bisa dikelola BUMDes, modalnya bersumber dari Angggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) sebagai modal awal, dan juga penyertaan modal dari masyarakat desa.

BUMDes diharapkan dapat tampil produktif dengan menjalankan bisnis sosial yang dapat menghasilkan keuntungan dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

“BUMDes juga berperan sebagai distributor dimana posisi BUMDes adalah membantu penjualan hasil dari home industri yang ada di desa, sehingga mereka sebagai pelaku ekonomi tingkat desa dengan mudah untuk memasarkan hasil produksi rumahannya melalui bantuan BUMDes. Dengan menerapkan sistem bagi hasil yang prosentasenya 70 : 30 dengan rincian 70% pelaku ekonomi dan 30 % BUMDes dari profit yang dihasilkan,” ungkapnya.

Lebih Jauh, Rahmadi menjelaskan  pihak Pemdes  sangat antusias dan yakin program-program yang akan dilakukan pihaknya dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat di desanya.

Sementara Selama awal-awal tahun Periode pertama Pemerintahanya memimpin . kami berkonsentrasi di infrastruktur, sarana dan prasarana di desa, kemudian tahun ini kami mulai perlahan-lahan bergeser ke arah pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan masayarakat desa, dan inovasi desa. Banyak potensi perekonomian yang ada di desa yang bisa dikreasikan untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Menurut Rahmadi,  BUMDes merupakan wadah usaha untuk mengembangkan perekonomian masyarakat desa.

“Kesejahteraan masyarakat desa dapat dicapai dengan mudah apabila masyarakat mampu memaksimalkan keberadaan BUMDes di desa, selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, BUMDes juga memiliki peran untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Diharapkan agar masyarakat dapat bahu-membahu bersama pemerintah desa dalam memaksimalkan keberadaan BUMDes untuk meningkatkan PADes,” harap Rahmadi. (Whd)

Type above and press Enter to search.