GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Peringati HDKD Kemenkumham, Rutan Pinrang Gelar Donor Darah dan Kumham Peduli Kumham Berbagi


RUTAN PINRANG JELAJAHPOS.COM - Memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang menggelar kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan Kumham Peduli Kumham Berbagi, Kamis (21/10/2021). 

Kegiatan donor darah dilakukan atas kerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lasinrang Pinrang yang berlangsung di Pelataran Kunjungan Rutan Pinrang. Kegiatan ini diikuti oleh Pegawai dan Dharma Wanita Rutan Pinrang. Berjumlah 27 orang mengikuti screening, 24 orang berhasil dilakukan transfusi darah dan 3 orang gagal ditransfusi karena riwayat hipertensi. 

Selain donor darah, Rutan Pinrang juga membagikan New Normal Kit Kumham Peduli Kumham Berbagi sebanyak 25 paket kepada Puskesmas Mattiro Bulu dan Puskesmas Salo. Paket ini berupa perlengkapan medis seperti masker, hand sanitizer, handscoon dan vitamin. 

Kepala Rutan Pinrang menyampaikan, bakti sosial ini merupakan rangkaian peringatan HDKD tahun 2021 yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Kemenkumham di seluruh Indonesia. 

"Melalui donor darah ini diharapkan empati sosial pegawai Rutan Pinrang dapat terbangun, sikap solidaritas dalam kemanusiaan adalah salah satu value Kemenkumham yang semakin PASTI untuk wajib diimplementasikan." Terangnya. 

Lebih lanjut, Ia juga membeberkan terkait donasi yang berhasil digalang melalui Pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Rutan Pinrang. 


"Alhamdulillah total donasi yang terkumpul Rp 4.100.000 yang merupakan partisipasi ikhlas dari seluruh Pegawai. Kami tidak lihat besar kecilnya, tetapi kesadaran sosial itulah yang kami apresiasi dari seluruh jajaran karena besedia memberikan donasi pada program Kumham Peduli Kumham Berbagi." Bebernya. 


Mewakili Kepala Rutan Pinrang, paket bantuan diserahkan oleh Kepala Sub Seksi Pengelolaan, Rusli bersama Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Rusdin kepada dua Puskesmas yang telah lama bekerja sama dengan Rutan Pinrang. 


"Mengapa bantuan khusus tenaga medis??? Kami beranggapan pandemi ini belum berakhir, tangan-tangan dingin para Petugas Medis masih dibutuhkan untuk merawat saudara-saudara kita yang terpapar Covid-19. Oleh karena itu, Kemenkumham selalu hadir memberikan dukungan untuk itu." Tutup Karutan. 


Sebelumnya, Jajaran Rutan Pinrang mengikuti video confrence pembukaan Bakti Sosial peringatan HDKD Kemenkumham yang dibuka  oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM (Wamenkumham), Eddy Hiariej.


Kontributor: Humas Rutan Pinrang

Type above and press Enter to search.