GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Akibat Hujan Turun Cukup Deras Banjir Dan Lonsor Melanda Majene



Majene,Jelajahpos.Com-Sejumlah kawasan di Kota Majene tergenang banjir akibat hujan deras mengguyur pada Rabu malam (26/10/2022).


Genangan banjir hingga pinggang orang dewasa ini, tidak hanya terdampak pada rumah warga, tapi juga sejumlah sekolah, kantor serta terjadi longsor hingga menutupi badan jalan.



“Hujan deras terjadi sekitar pukul 12.00 Wita sampai pagi dan mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan Kota Majene,” terang Nurdin masyarakat Majene, Kamis pagi (27/10/2022).



Fenomena ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majene melaui instansi terkait melakukan aksi penanganan, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Majene yang melakukan penanganan langsung secara teknis terhadap beberapa permasalahan banjir di lingkungan yang terdampak.


Tidak ketinggalan jajaran Polres Majene melakukan upaya antisipasi tanggap bencana lewat kegiatan patroli dan menghimbau masyarakat agar tetap waspada.


“Intensitas hujan yang cukup tinggi membuat genangan air dimana-mana khususnya di Perkotaan Majene,” terang Kasi Humas Polres Majene Iptu Muhammad Irwan.


Ia mengungkapkan, air membanjir badan jalan serta beberapa lokasi, seperti pasar sentral, pemukiman warga, perumahan dan sebagainya sehingga tak sedikit perabot rumah serta kendaraan warga juga harus ikut terendam.


“Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kami dari Polres Majene terus membantu proses evakuasi masyarakat lewat patroli dan membantu warga yang kesulitan membereskan perabot rumah di lokasi yang gawat banjir,” ungkapnya.


Dituturkan, para personel juga turun memastikan situasi dan kondisi di lapangan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat mengatur arus lalu lintas dan membantu proses evakuasi.


“Selain banjir juga terjadi longsor dibeberapa lokasi yang menutup badan jalan sehingga tidak bisa di lalui kendaraan, seperti di wilayah Kecamatan Tubo Sendana di Dusun Onang Labuang Desa Onang Utara, Dusun Belalang Desa Onang Utara, Dusun Parabbaya Desa Onang dan Dusun Sumakuyu Desa Onang yang terjadi mulai pukul 04.30 wita hingga saat ini masih berjatuhan material longsor, ” urainya Abdul Kayung kepala Desa Onanh Utara melalui via Telpon kepada Jelajahpos.Com

Kamis 27/10/2022.


Saat ini, para personel masih terus berupaya menyingkirkan material longsor, seperti pepohonan, bebatuan dan lumpur serta telah melakukan koordinasi dengan pihak PU agar segera menurunkan alat berat untuk memaksimalkan pembersihan material longsor sehingga akses jalan kembali normal.(whd)

Type above and press Enter to search.