GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

Bupati Soppeng membuka sekaligus melepas peserta Kirab Budaya rangkaian kegiatan Festival Gau Maraja La Patau Matanna Tikka


JELAJAHPOS.COM Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak,SE membuka sekaligus melepas peserta Kirab Budaya rangkaian kegiatan Festival Gau Maraja La Patau Matanna Tikka di jalan  kesatria kecamatan lalabata kelurahan botto kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan (sulsel) di Anjungan Mangkawani, Senin 17 Juli 2023.



Peserta kirab budaya diikuti oleh 8 Kecamatan, OPD Pemkab Soppeng serta 3 Kabupaten yaitu Kab.Gowa, Jeneponto dan Polewali Mandar. 


Sebelum melepas peserta kirab Budaya, Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kab.Soppeng mengucapkan terima kasih kepada semua peserta tamu budaya baik lokal maupun tamu internasional.


Dihadapan Narasumber seminar Internasional dan para raja-raja dan sultan yang sempat hadir, Andi Kaswadi menjelaskan bahwa La Patau Matanna Tikka adalah tokoh penting yang telah melakukan dasar-dasar hubungan persaudaraan kerjasama persatuan Indonesia di Sulawesi Selatan dan Barat.


Selain sebagai raja La Patau Matanna Tikka juga menjadi simbol dalam gerakan sempugi atau penyatuan geologis antar bangsawan Bugis Makassar dan mandar di Sulawesi Selatan dan Barat.


Lanjut Andi Kaswadi menjelaskan tujuan pelaksanaan Kirab Budaya " Pelaksanaan kirab ini menjadi media yang cukup representatif menjadikan mengenalkan kembali identitas lokal yang telah ada dan mengakar atau mungkin saja terkubur bersama sejarah pelakunya, Terang Andi Kaswadi.


" Salah satu agenda kegiatan ini yaitu kirab budaya berupa parade budaya dengan menggunakan kostum pakaian bagian adat atau kostum tradisional dengan iringan musik tradisional. Pada momen kirab Budaya kali ini akan kita lihat kembali keanekaragaman adat istiadat lokal melalui drama singkat yang ditampilkan peserta kirab dengan tema yang berbasis budaya lokal harapannya dapat menjadi pembelajaran kalau para leluhur telah mewariskan kebiasaan-kebiasaan baik untuk ditiru walaupun zaman telah berganti," Tutup Bupati Soppeng.


Acara pelepasan peserta Kirab Budaya Gau Maraja Matanna Tikka ditandai dengan penabuhan genderang oleh Bupati Soppeng H.Andi Kaswadi Razak, SE didampingi Ketua Mars Soppeng Andi Tantu A. Galib.


Turut hadir dalam acara pelepasan Kirab Budaya Gau Maraja Lapatau Matanna Tikka Bupati Soppeng bersama ketua Tim Penggerak PKK, Wakil Bupati Soppeng, Forkopimda dan Majelis Agung Raja Soppeng bersama Raja dan Sultan Sesulbar, Ketua Perwira LPMT bersama anggota, Narasumber Seminar Internasional. (**)


Type above and press Enter to search.