GfdlTpWoGUW5TUr7GfM9GfdlGA==

K3S, UPTD SPF SDN 1 Lamappoloware Implementasikam P5 Bertajuk Bazaar Kewirausahaan

Soppeng,  Bersama para pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lalabata, Kepala UPTD SPF SDN 1 Lamappoloware Yuliawati, S.Pd menggelar Bazaar Kewirausahaan sebagai wujud implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilangsungkan di halaman Sekolah SDN 1 Jalan Pemuda Watansoppeng, Kamis (30/5/2024). 


"Program yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membentuk pelajar Indonesia yang dapat berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.


"Salah satu point dalam kegiatan Bazaar kewirausahaan ini yakni kreatif dalam berusaha untuk mendorong siswa-siswi agar dapat menumbuhkan jiwa kreatifitasnya dalam pemanfaatan kearifan lokal yang salah satunya jajanan kue tradisional dan ataupun jajanan kekinian, ucap Kepsek SDN 1 Lamappoloware Yuliawati. 


Diketahui Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.


Upaya untuk Mandiri dan kreatif menjadi point penting dalam implementasi P5 kali ini yang dibuka oleh Korwil Dinas pendidikan dan kebudayaan kecamatan lalabata Drs Jamal, M.Si.


Korwil Lalabata Drs Jamal, M.Si dalam sambutannya mengatakan, "Kegiatan seperti ini sangat baik bagi siswa-siswi, untuk bagaimana anak-anak kita dapat berkreasi dalam menciptakan ekonomi di lingkungannya. 


Selain itu, Agar anak-anak kita dapat memiliki jiwa

entrepreneurship sejak dini yang kemudian nantinya dapat memiliki sifat bekerja keras dan berkorban serta memusatkan segala daya pikiran untuk berani mengambil risiko dalam mewujudkan gagasannya.


Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 23 Tanete yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan, "Dengan adanya kegiatan P5 ini yang bertema Bazaar kewirausahaan tentu kita berharap kedepan anak-anak kita dapat menjadi pengusaha sukses. 


"Kewajiban kita hanya bagaimana membentuk karakter wirausaha kepada mereka disamping pelajaran lainnya, tandas Nahar. 


Kepala SDN 237 Aletelllue Muhlis, S.Pd, M.Pd yang juga hadir dalam kegiatan P5 ini mengatakan, "Selain kegiatan P5 ini sebagai ajang silaturahmi, kami berharap ada kerjasama di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM), imbuhnya. 


Turut hadir pengurus K3S Pusat Wahidin, S.Pd sekaligus Ketua Komiite SDN 1 Lamappoloware, para pengawas dann Kepsek Se-Kecamatan Lalabata, para orng tua siswa SDN 1 Lamppoloware. 



Sekadar diketahui, Acara ini juga turut digagas para Guru P3K diantaranya, Ahmad Saleh Panca, S.Pd, Alring, S.Pd, M.Pd serta para guru SDN 1 Lampoloware. 


Type above and press Enter to search.